Welcome

Selamat datang di blog SSC Banjarmasin. Di sini kita dapat berbagi informasi dan pengetahuan, berbagi keceriaan, dan kita bisa lebih saling mengenal, untuk menciptakan komunitas yang solid dan bermanfaat. Salam Semangat!

Sabtu, 16 April 2011

Mengatasi Stres Menjelang Ujian Nasional

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi stres, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu tentang peran bagian-bagian penting dari otak kita yang terdiri atas dari
  1. Limbic system, berperan mengatur bagian-bagian tubuh yang bekerja secara naluriah, seperti: bernafas, detak jantung, dsb.
  2. Reptilian complex, bagian otak yang berkaitan erat dengan emosi dan seksualitas.
  3. Neocortex, yang sering dibagi menjadi otak kiri dan otak kanan, berperan dalam menyimpan ingatan, menganalisis, menghitung, dsb.
Mari perhatikan bagian kedua yang tersebut di atas, atau bagian otak yang disebut reptilian complex. Pada saat tingkat emosi kita tinggi, marah, panik, sedih, kasmaran, gugup, maka bagian otak inilah yang berperan aktif dan mendominasi pikiran kita.
Tidak heran saat emosi kita tinggi, kita sulit untuk berpikir jernih atau bahkan sulit untuk mengakses apa saja yang sudah tersimpan di memori. Selain itu nafas dan detak jantung kita pun menjadi semakin tidak teratur. 
Atau dengan kata lain, semakin tinggi tingkat stres kita, maka reptilian complex akan semakin mendominasi dan mengalahkan bagian neocortex dan limbic system.

Sekarang kita sudah lebih mengenal cara kerja otak kita, dan sudah mengetahui pula mengapa saat kita merasa gugup atau cemas, maka ingatan dan metabolisme tubuh kita terganggu.
Pada saat mengalami tingkat stres yang tinggi, kita dapat mencoba beberapa teknik sebagai berikut:
1. Berdo'a, memohon ampunan pada Tuhan disertai prasangka baik pada-Nya bahwa kita akan diberi ampunan dan dimudahkan dalam segala urusan. Karena Tuhan telah menyatakan dalam suatu hadits Qudsi, "Aku tergantung prasangka hamba-Ku terhadap diri-Ku dan Aku selalu bersamanya saat dia mengingat-Ku."
2. Ubah posisi kita dengan cara keluar dari ruangan saat kita merasa stres atau cemas, dan bila memungkinkan carilah tempat yang terlihat bersih dan terasa nyaman. Bila tidak memungkinkan, kita dapat mengubah posisi tubuh saja.
3. Beri asupan oksigen yang cukup untuk tubuh kita dengan menarik nafas dalam dan menghembuskannya keluar melalui mulut. Pada saat menarik nafas, niatkan untuk menghirup energi positif sebanyak-banyaknya, dan pada saat membuang nafas bayangkan kita sedang membuang energi negatif dalam diri kita melalui hembusan nafas. Lakukan berulang kali sampai pikiran kita terasa lebih tenang.
4. Bila perlu, kita dapat melakukan pijatan ringan di dahi kita dengan menggunakan kedua tangan dan pijat titik antara alis dengan rambut secara perlahan. Kita dapat melakukan pijatan ini sambil terus mengatur nafas seperti pada poin nomor 3.
5. Kita mengetahui bahwa kepanikan malah akan mengakibatkan masalah kita menjadi semakin kacau disebabkan oleh sulitnya otak kita berpikir jernih. Maka isilah pikiran dengan imajinasi positif, bukan sebaliknya. Kita dapat mengingat kembali saat-saat dimana kita pernah membuat prestasi yang membanggakan atau mengingat kembali saat kita pernah merasakan begitu bahagia. Bayangkan dan rasakan seolah-olah kita hadir kembali di masa itu.
6.  Setelah merasa semakin relaks, masukkan sugesti positif pada pikiran kita dan yakinkan bahwa yang terjadi saat ini hanya sementara saja dan kita pasti dapat menyelesaikannya dengan baik. Lakukan sampai keyakinan kita benar-benar maksimal dan kita dapat melakukannya sambil mengepalkan jemari tangan dan menggumamkan lagu "Happy Bithday" sebagai tanda bahwa semangat dan keyakinan kita akan terlahir kembali dengan lebih baik.
7. Tarik nafas kembali dan kita akan berhasil menghilangkan rasa gugup atau kecemasan yang tadi menghantui kita.
8. Poin nomor 8 ini adalah poin paling penting, yaitu : Lakukan 7 tahap di atas! Stres atau kecemasan Anda tidak bisa hilang jika hanya membaca tulisan ini saja, Anda perlu mempraktekannya, bukan hanya membacanya saja.  



Selamat Menghadapi Ujian Nasional 2011 ! Kita pasti bisa !

0 komentar:

Posting Komentar