Welcome

Selamat datang di blog SSC Banjarmasin. Di sini kita dapat berbagi informasi dan pengetahuan, berbagi keceriaan, dan kita bisa lebih saling mengenal, untuk menciptakan komunitas yang solid dan bermanfaat. Salam Semangat!

Senin, 31 Oktober 2011

Meaning is Penting ! (Bag.2)

Dalam tulisan kali ini, saya akan memperjelas lagi apa yang disebut dengan meaning atau pengartian, atau Anda boleh menerjemahkannya sebagai pemaknaan.

Apa yang Anda pikirkan saat melihat gambar-gambar berikut ?



Percayakah Anda bahwa hanya dari dua gambar ini saja bentuk emosi kita dapat berbeda ?
Ada diantara Anda yang mungkin merasa lucu, geli, sehingga akhirnya Anda tersenyum atau tertawa.
Namun tahukah Anda, bahwa diantara beberapa pembaca yang melihat gambar di atas ada juga orang yang merasa kaget kemudian ber-istighfar ?
Ada pula yang merasa marah sehingga kemudian protes karena menurutnya gambar seperti ini tidak pantas diperlihatkan.




Percayakah Anda bahwa hanya dari dua gambar ini saja bentuk emosi kita dapat berbeda ?
Ada diantara Anda yang mungkin merasa lucu, geli, sehingga akhirnya Anda tersenyum atau tertawa.
Namun tahukah Anda, bahwa diantara beberapa pembaca yang melihat gambar di atas ada juga orang yang merasa kaget kemudian ber-istighfar ?
Ada pula yang merasa marah sehingga kemudian protes karena menurutnya gambar seperti ini tidak pantas diperlihatkan.


Mari kita tidak membicarakan mengenai benar atau salah karena yang ingin saya sampaikan adalah betapa dari dua gambar di atas saja emosi kita menjadi berbeda-beda.
Hanya dari dua gambar saja !
Dan dapatkah Anda menghitung berapa banyak peristiwa, gambar-gambar, suara, dan bentuk input apapun yang ditangkap dan dicerna dalam pikiran kita sehingga akhirnya kita menjadi sangat berbeda ?
Saat emosi yang kita rasakan berbeda, maka tindakan kita juga akan berbeda, sehingga kita menghasilkan output yang juga berbeda.

Inilah yang saya maksud dengan meaning dimana dalam kehidupan sehari-hari tentu saja banyak hal yang kita artikan berbeda.
Meaning nya orang yang memiliki keimanan yang kuat tentu akan berbeda dengan meaning nya pelaku kejahatan, meskipun seringkali mereka dihadapkan pada permasalahan yang sama.
Meaning nya orang pandai tentu akan berbeda dengan meaning nya orang bodoh.
Meaning nya orang sukses tentu akan berbeda dengan meaning nya orang yang masih merasa gagal.

Berikut ini adalah salah satu video klip iklan menarik yang saya dapatkan, yang akan memperjelas bahwa betapa meaning sangatlah penting, dan ketika meaningnya berbeda maka tindakannya pun akan berbeda, sehingga membuat suatu hasil yang berbeda.
Dalam video tadi, si kakek mendapat input dari penglihatannya dan perasaan lelahnya. Meaning si kakek adalah mobil yang terparkir itu dapat dijadikan tempat untuk melakukan peregangan setelah lelah berlari, sehingga akhirnya dia melakukan tindakan seperti yang terlihat dalam video tersebut. Sementara sang supir truk juga mendapat input dari penglihatan dan perasaannya dan meaning yang terbentuk adalah si kakek sedang dalam kesulitan sehingga akhirnya dia memutuskan untuk "membantu" usaha kakek dalam mendorong mobil.

Sekali lagi, kita tidak bicara benar atau salah, tapi kita menjadi paham betapa meaning yang berbeda akan menghasilkan sesuatu yang berbeda pula.
Reaksi beberapa teman yang saya perlihatkan video ini adalah bertanya,
"Mengapa si supir truk tidak bertanya dulu sebelum melakukan tindakan ?"

Aha ! Ini dia masalahnya ! Apakah kita juga selalu bertanya pada orang yang memiliki pemahaman yang berbeda dengan kita ? Atau kita sudah langsung membentuk meaning sendiri terhadap tindakan orang lain ?
Apakah kita selalu berkomunikasi dengan orang yang berbeda dengan kita atau kita sudah membuat suatu penilaian sendiri yang kita yakini kebenarannya ?

Betapa seringnya kita menilai orang lain sombong, pelit, atau sebutan lain yang menurut kita sudah benar, tanpa bertanya apa maksud dari tindakan orang itu.
Kalau ada orang yang kita nilai tidak senang atau memusuhi kita karena wajah atau tindakannya terlihat menyebalkan, apakah kita sudah bertanya atau berkomunikasi dengannya mengapa orang tersebut melakukan tindakan seperti itu ?
hmmm... sekarang saya sudah yakin bahwa Anda semakin paham betapa pentingnya meaning !

Banyak hal yang terjadi dalam hidup kita mengakibatkan kita tidak berdaya, atau mengakibatkan konflik, atau kekecewaan, atau dendam, dan lain-lain, ternyata hanya karena meaning kita tidak sama.

Mulai sekarang dan seterusnya, dapatkah saya dan Anda mulai sama-sama belajar membuat suatu meaning yang positif terhadap segala hal yang terjadi dalam hidup kita ?
Karena ternyata jika meaning nya positif, emosi yang terbentuk adalah emosi yang bersifat positif, sehingga tindakan kita pun akan menjadi positif. Dan jika tindakan kita positif, sudah tentu hasilnya pun akan positif. 

0 komentar:

Posting Komentar